Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X A SMAN 01 BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU

LIANI, LORENSA APRIL (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X A SMAN 01 BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (367kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan keterampilan passing bawah permaian bola voli melalui metode resiprokal pada siswa kelas X A SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan passing bawah permaian
bola voli melalui metode resiprokal pada siswa kelas X A SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu. 3) Untuk megetahui peningkatan keterampilan passing bawah permaian bola voli melalui metode resiprokal pada siswa kelas X
A SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.
Variabel dalam penelitian ini adalah: variabel masalah yaitu
“keterampilan passing bawah pada permaian bola voli”, dan variabel 1indakan yaitu “metode resiprokal. Jenis penelitian deskriptif, dengan bentuk penelitian 1indakan kelas, jumlah subjek penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tenkik observasi langsung dan Teknik pengukuran, alat pengumpulan data berupa tes.
Hasil observasi siklus I diketahui bahwa hanya ada beberapa siswa yang sudah tuntas dalam mengikuti pembelajaran passing bawah permainan bola voli yang sesuai dengan indikator ketercapaian yang telah direncanakan sebelumnya.
Sesuai dengan kriteria ketuntasan mengajar (KKM) yang diterapkan di sekolah yaitu 75, dari jumlah siswa 36 tercatat hanya 15 yang tuntas atau 41,66 % dan 8 siswa yang belum tuntas atau 58,33 % dalam mengikuti pembelajaran passing bawah permaian bola voli. Hasil observasi siklus II diketahui dari jumlah siswa 36 tercatat hanya 28 siswa yang tuntas atau 77,77 % dan 8 siswa yang belum tuntas atau 22,22 % dalam mengikuti pembelajaran passing bawah permaian bola voli.
Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian diatas mengenai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan passing bawah untuk siswa kelas X A SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu dalam meningkatan kemampuan bermain bola voli melalui penerapan metode resiprokal,
dapat disimpulkan sebagai penerapan metode resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permaianan bola voli pada siswa di SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.Perencanaan pembelajaran passing bawah permainan bola voli melalui metode resiprokal pada siswa kelas X A SMA Negeri 01 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan guru mata pelajaran terlebih dahulu, kemudian 1indakan RPP dan lembar 1indakan1t yang akan digunakan pada saat penelitian 1indakan kelas berlangsung oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan dua siklus pada siklus I (pertama) dilakukan dengan 2 kali pertemuan dengan mulai menerapkan metode resiprokal kepada siswa sebagai pengenalan awal proses pembelaiaran. Setelah dilakukan evaluasi ternyata nilai siswa belum memenuhi standar ketercapaian ketuntasan klasikal, sehingga pada tahap ini peneliti melanjutkan ke siklus II (kedua) kemudian dilakukan menerapkan metode resiprokal dengan beberapa aspek yang sudah diperbaiki pada siklus sebelumnya. Pada tiap siklus siswa diberikan metode resiprokal supaya setiap siswa dapat menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah bola voli yang dilakukan oleh setiap siswa meningkat dari 26% pada kondisi awal menjadi 41,66% pada akhir siklus I dan meningkat Kembali menjadi 77,77% pada akhir siklus II. Indikator target penelitian ini tercapaian pada siklus II adalah 75%. Dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan,
presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 77,77%, artinya target tercapaian pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:47
Last Modified: 20 Jul 2023 05:47
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item
View Item