Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 2 JELAI HULU

TOLOK, ANGJELIANA NOGO (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 2 JELAI HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (434kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media perangkat
pembelajaran dan media pembelajaran berupa modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi yang mencapai kriteria valid dan layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) atau pengembangan
dimana dalam prosedur penelitian menggunakan model Borg dan Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi produk. Namun pada penelitian ini hanya sampai
pada tahap revisi produk dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jelai Hulu yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar validasi ahli media dan materi angket respon siswa dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan rata-rata persentase sebesar 82,44% dari ahli materi dan 88,53% dari ahli media, respon guru dan siswa terhadap modul ajar
berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan rata-rata persentase 78,75%, sedangkan respon siswa sebesar 81,92%. Hasil perhitungan uji-t pretest dan posttest diperoleh > yaitu maka didapat kesimpulan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diterapkan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika di SMP Negeri 2 Jelai Hulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:09
Last Modified: 14 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item
View Item