Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS MAN 1 PONTIANAK

RISKY, RISKY (2023) ANALISIS KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS MAN 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of BAB lV.pdf] Text
BAB lV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

Skripsi in berjudul “Analisi Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X Ips Man 1 Pontianak”. Dengan sub masalah penelitiam sebagai berikut: 1). Bagaimanakah peran guru merencanakan keaktifan dalam pembelajaran
sejarah di kelas X ips Man 1 Pontianak? 2). Bagaimanakah peran siswa melaksanakan keaktifan dalam pembelajaran sejarah di kelas X Ips Man 1 Pontianak? 3). Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam proses keaktifan siswa di pembelajaran sejarah kelas X Ips Man 1 Pontianak? Secara
khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1).Untuk Mengetahui Peran Guru Merencanakan Keaktifan dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS Man 1 Pontianak. 2) Untuk Mengetahui Peran Siswa Melaksanakan Proses Keaktifan dalam Pembelajaran sejarah di Kelas X IPS Man 1 Pontianak. 3).Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS Man 1 Pontianak
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian analisis. Subjek dalam penelitian ini ialah guru mata pelajaran sejarah kelas X dan siswa kelas X Ips dengan jumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik
komunikasi langsung, teknik studi dokumente. Alat pengumpulan data yaitu panduan observasi, panduan wawancara, dan lembar telaah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa :1). Peran guru merencanakan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Pontianak sudah sangat baik yang dimana dapat dilihat dari semua persiapan sebelum pembelajaran dimulai juga serta guru yang selalu membiasakan siswa untuk
berdoa, membuang sampah yang ada dibawah meja masing-masing, serta memberikan motivasi semangat untuk belajar. Hal itu tentu bertujuan agar suasana kelas menjadi nyaman, proses belajar mengajar menjadi efektif, dan siswa menjadi aktif. 2). Peran siswa kelas X Ips Man1 Pontianak dalam melaksanakan keaktifan terlihat cukup baik, karena siswa tidak hanya mendengar saja ketika guru menjelaskan materi namun ada timbal baliknya juga. Seperti menjawab ketika guru bertanya, memberikan kesimpulan setelah pembelajaran selesai, memberi tanggapan kepada teman, serta ikut aktif dalam bediskusi. 3).Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Proses Keaktifan Siswa di Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS MAN 1 PONTIANAK ada pada kelengkapan fasilitas untuk belajar, kesehatan, akses internet yang memadai, semangat motivasi untuk belajar, serta displin waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:08
Last Modified: 29 Mar 2023 07:08
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item
View Item