ELKA, INDIRARIANI (2023) VISUALTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (489kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (740kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (794kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (409kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Socratic Circles disertai media visual dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Swasta Mujahidin Pontianak.
Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan metode pembelajaran Socratic Circles berbantuan media visual; (2) Untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen, bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Desain dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitan ini seluruh kelas XI IPA SMA Mujahidin Pontianak yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data paa penelitian ini menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumentasi dan teknik pengukuran. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal essay. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kreatif.
Hasil dalam penelitian ini dapat disimpukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan metode socratic circles berbantuan media visual di kelas XI SMA Swasta Mujahidin Pontianak berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong baik. (2) Kemampuan berpikir
kreatif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan penerapan metode socratic circles berbantuan media visual lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan metode yang sama tanpa berbantuan media visual di kelas XI SMA Swasta Mujahidin Pontianak.
Kata Kunci: Metode SOCRATIC CIRCLES, dan Kemampuan Berfikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:48 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1451 |