Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU

DANDI, KURNIAWAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (443kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil keterampilan Smash Bola Voli Melalui Penerapan Modifikasi media pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu?”.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana hasil keterampilan Smash Bola Voli Melalui Penerapan Modifikasi media pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Variabel yang terdapat dalam penelitian adalah variabel masalah dan
variabel tindakan, variabel masalahnya adalah keterampilan smash bola voli, sedangkan variabel tindakannya adalah Modifikasi media pembelajaran.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang, yaitu putri 17 orang dan putra 15 orang.
Hasil peningkatan keterampilan smash bola voli diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, terdapat peningkatan nilai observasi siswa yang semula nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 44.03 menjadi 78.69. Pada siklus I ini, smash bola voli siswa mengalami peningkatan
menjadi 40,62% dengan nilai rata-rata 69,13. berdasarkan dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan pada siklus II, terdapat peningkatan prestasi siswa yang semula persentase ketuntasan dari pra siklus sebesar 28,13% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,69.
Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Modifikasi media pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan smash bola voli. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan smash bola voli yang cukup baik, yaitu mengalami peningkatan nilai siswa disetiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:12
Last Modified: 22 Feb 2023 08:12
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item
View Item