Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA

ARIF, WAHYUDINATA (2023) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (424kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (426kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan rancangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu: Define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk melihat kevalidan mobile learning, angket respon guru dan siswa untuk melihat kepraktisan mobile learning, dan hasil belajar pre-test dan post-test untuk melihat keefektifan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan validasi ketiga validator terhadap
mobile learning dinyatakan sangat valid dengan presentase indeks rata-rata 86,53%. Tingkat kepraktisan mobile learning berdasarkan rata-rata angket respon guru dan siswa 82,65% dengan kriteria praktis. Dan mobile learning yang bernilai efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis
siswa pada materi himpunan berdasarkan uji statistik dimana t hitung = 18,76 > ttabel = 2,045.

Kata Kunci: Mobile Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis,
Himpunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:45
Last Modified: 24 Jan 2023 08:45
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item
View Item