RIANI, RIANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 SENGAH TEMILA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (524kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (523kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (807kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (450kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari pemahaman siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 9 Sengah Temila dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII (delapan). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Sedangkan untuk alat pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matematisnya masih rendah dengan persentase sebesar 43,36%. Siswa yang memiliki pemahaman tinggi dan sedang untuk kemampuan representasi matematisnya memiliki kriteria yang sama yaitu, sedang untuk visual, sangat rendah untuk simbolik, dan sangat rendah untuk verbalnya. Selain itu untuk siswa yang mempunyai pemahaman rendah kemampuan representasi matematisnya tergolong rendah untuk visual, sangat rendah untuk simbolik, dan sangat rendah untuk verbalnya.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pemahaman Siswa, Bangun Datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 09:02 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 09:02 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1155 |