RICHO, WAHYU RAMADHAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINTANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of ABSTRAK RICHO WAHYU RAMADHAN.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK RICHO WAHYU RAMADHAN.pdf - Published Version
Download (109kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (143kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (555kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (348kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (798kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep matematis dalam materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sintang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model 4-D, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissiminate
(Penyebaran). Yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran, sedangkan alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi, angket (angket respon guru dan siswa) dan tes. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sintang, sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menghasilkan tingkat kevalidan sebesar 80% dengan kategori valid, tingkat kepraktisan sebesar 80,65% dengan kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan sebesar 65%
dengan kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep matematis dalam materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sintang tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Media Berbasis Android, Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 08:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 08:54 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1132 |