FRANCIS, MICHELANGELO REPO (2022) E-COMIC BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (374kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (452kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Comic Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan dan subjek uji coba. Subjek pengembangan adalah validator materi dan validator media, sedangkan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Santo Benediktus Pahauman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, secara umum dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-comic berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar, menggunakan model desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementasi (pelaksanaan) dan evaluation (evaluasi) sudah memiliki kriteria valid dengan persentase kevalidan 82,48%, sangat praktis dengan persentase kepraktisan 94,53%, dan efektif dengan persentase keefektifan 76,67%, sehingga media pembelajaran e-comic berbasis augmented reality yang dikembangkan cocok
digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: E-Comic, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 08:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 08:54 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1125 |