Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH

AMELIA, YULITA (2021) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH. [["eprint_typename_data_collection" not defined]]

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (79kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (737kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (206kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (211kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar
Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negei 1
Subah”. masalah umum dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah Upaya
Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada
siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah ?” masalah khusus dalam
penelitian ini “1) Bagaimanakah gambaran awal sikap tanggung jawab belajar
pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah ? 2) Bagaimanakah
pelaksanaan konseling kelompok meningkatkan sikap tanggung jawab belajar
pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah ? 3) Apakah terdapat
peningkatan sikap tanggung jawab belajar melalui konseling kelompok pada siswa
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah ?” tujuan umun yang ingin dicapai
penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Sikap
Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Subah. Tujuan khusus untuk mengetahui 1)
Gambaran awal sikap tanggung jawab belajar pada siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Subah, 2) Pelaksanaan konseling kelompok meningkatkan sikap
tanggung jawab belajar pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah,
3) Terdapat peningkatan sikap tanggung jawab belajar melalui konseling
kelompok pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif
mengunakan prosedur penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK).
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dari jumlah 2 kelas VIII dan
sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang memiliki
sikap tanggung jawab belajar rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
diantaranya : 1) gambaran awal sikap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII
aspek pertama 86% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek kedua 48%
dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek ketiga 85% dengan kategori
“Baik”, peningkatan pada aspek keempat 78% dengan kategori “Baik”,
peningkatan pada aspek kelima 89% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada
aspek keenam 79% dkategori “Baik”, peningkatan pada aspek ketujuh 87%
diketgorikan “Baik”, peningkatan aspek kedelapan 82% dikategori “Baik”,
peningkatan aspek kesembilan 85% dikategori “Baik”, peningkatan pada aspek
kesepuluh 85% dikategori “Baik”. Hasil akhir keseluruhan berdasarkan sampel
penelitian sebelum layanan adalah 3,5% hasil akhir setelah layanan 61% dan
peningkatan mencapai 57,5%. 2) pelaksanaan layanan konseling kelompok, a)
siklus I berdasarkan hasil pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap
peneliti mencapai hasil 44% kategori “Cukup”, b) siklus II berdasarkan hasil
pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap peneliti mencapai hasil 74%
dikategori “Baik”. 3) peningkatan sikap setelah diberikan layanan layanan 1).
mengerjakan PR dengan cara mencontek teman dilihat dari tabel sebelum layanan
50% sementara setelah layanan terdapat peningkatan 90% selisih peningkatan 4%
kategori “Baik”. 2) memilih game dari pada belajar dilihat dari tabel sebelum
layanan dilihat dari tabel sebelum layanan 30% sementara setelah layanan
terdapat peningkatan 60% selisih peningkatan 3% kategori “Baik”. 3) dapat
berkonsentrasi dalam belajar hal tersebut dapat dilihat pada tabel sebelum layanan
30% sementara setelah layanan terrdapat peningkatan 70% selisig peningkatan 4%
kategori “Baik”, 4) mempunyai komitmen dalam belajar hal tersebut dapat dilihat
pada tabel sebelum layanan 50% sementara setelah layanan meningkat menjadi
90% selisih peningkatan 4% kategori “Baik”, 5) Masih terdapat beberapa siswa
yang tidak membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyelasaikan tugas
dapat dilihat pada tabel sebelum layanan 40% sementara setelah layanan terdapat
peningkatan 80% selisih peningkatan 4% kategori “baik”. 6) Sering terlambat
mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran hal tersebut dapat
dilihat dari tabel sebelum layanan 50% sementara setelah layanan terdapat
peningkatan 70% selisih peningkatan 2% kategori “Baik”. 7) berbicara dengan
temannya saat guru menjelaskan didepan dilihat dari tabel sebelum layanan 40%
sementara setelah layanan terdapat peningkatan 70% selisih peningkatan 3%
kategori “Baik”. 8) siap menghadapi ulangan hal tersebut dapat dilihat pada tabel
sebelum layanan 60% sementara setelah layanan terdapat peningkatan 80% selisih
peningkatan 2% kategori “ Baik”.
Kesimpulan gambaran awal sikap tanggung jawab belajar siswa berdasarkan
hasil skala psikologis pada populasi penelitian menunjukan bahwa respon siswa
terhadap sikap tanggung jawab. Secara keseluruhan layanan konseling kelompok
dapat terlaksana dengan baik, hal tersebut dapat diketahui berdasarkan kefektifan
serta antusias siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok aspek pertama
86% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek kedua 48% dengan kategori
“Baik” peningkatan pada aspek ketiga 85% dengan kategori “Baik”, peningkatan
pada aspek keempat 78% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek kelima
89% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek keenam 79% dkategori
“Baik”, peningkatan pada aspek ketujuh 87% diketgorikan “Baik”, peningkatan
aspek kedelapan 82% dikategori “Baik”, peningkatan aspek kesembilan 85%
dikategori “Baik”, peningkatan pada aspek kesepuluh 85% dikategori “Baik”.
Hasil akhir keseluruhan berdasarkan sampel penelitian sebelum layanan adalah
3,5% hasil akhir setelah layanan 61% dan peningkatan mencapai 57,5%. Saran
dalam penelitian ini diantaranya : 1) siswa hendaknya terus menerus berupaya
meningkatkan sikap tanggung jawab belajarnya dengan baik serta serta mampu
menyelesaikan tugas belajarnya, 2) guru bimbingan dan konseling dapat lebih
aktif dalam melaksanakan layanan konseling kelompok tidak saja mengenai sikap
tanggung jawab belajar siswa namun juga pada topik materi yang lainnya, 3) wali
kelas harus selalu memantau perkembangan dari sikap tanggung jawab belajar
siswa hal ini dilakukan melalui komunikasi dan kerjasama yang baik dengan guru
mata pelajaran serta seluruh personel yang ada di sekolah.

Item Type: ["eprint_typename_data_collection" not defined]
Uncontrolled Keywords: UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:09
Last Modified: 27 Jul 2022 01:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item
View Item