Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI TIK DI MTs. MUJAHIDIN PONTIANAK

TIMBUL PRASETYO, TIMBUL PRASETYO (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI TIK DI MTs. MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 3 Ringkasan Skripsi.pdf] Text
3 Ringkasan Skripsi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9 BAB I.pdf] Text
9 BAB I.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 10 BAB II.pdf] Text
10 BAB II.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 11 BAB III.pdf] Text
11 BAB III.pdf

Download (428kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Lingkungan Belajar dan Fasilitas Perpustakaan
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi TIK di Mts. Mujahidin Pontianak”.
Hasil belajar yang baik tidak terlepas dari berbagai hal yang mempengaruhinya.
Untuk itu perlu ditelusuri faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yang
sesuai harapan. Hasil belajar dipengaruhi dua faktor yaitu faktor intern dan faktor
ekstern. Faktor intern yaitu kemampuan siswa, motivasi, minat, sikap dan
kebiasaan belajar. Faktor ekstern terdiri dari faktor lingkungan dan instrumental.
Faktor lingkungan yaitu lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Sedangkan faktor
instrumental yaitu kurikulum, bahan, guru, sarana, media pembelajaran,
administrasi, dan manajemen.
Masalah umum dalam penelit ian ini yakni : “Bagaimana pengaruh
lingkungan belajar dan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada
materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak?” dengan sub masalah pertama yaitu
“bagaimana lingkungan belajar, fasilitas perpustakaan dan hasil belajar siswa pada
materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak? Sub masalah kedua bagaimana
pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi TIK di MTs
Mujahidin Pontianak? Sub masalah ketiga bagaimana pengaruh fasilitas
perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada materi TIK di MTs Mujahidin
Pontianak? Sub masalah keempat bagaimana pengaruh lingkungan belajar dan
fasilitas perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada
materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara
obyektif mengenai pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas perpustakaan
terhadap hasil belajar siswa pada materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak, dan
tujuan khusus dalam penelitian pertama yaitu untuk mengetahui pengaruh
lingkungan belajar dan fasilitas perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada
materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak, mengetahui pengaruh lingkungan
belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi TIK di MTs Mujahidin Pontianak,
dan mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas perpustakaan secara
bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada materi TIK di MTs Mujahidin
Pontianak.
Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu, variabel bebas meliputi lingkungan
belajar dan fasilitas perpustakaan, sedangkan untuk variabel terikat yakni hasil
belajar siswa diambil menggunakan nilai ulangan semester ganjil. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Expost Facto dengan
bentuk penelitian regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di
MTs Mujahidin Pontianak. yang terdiri dari 5 (lima) kelas sedangkan pemilihan
sampel ini menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik
pengumpul data yang digunakan adalah Teknik komunikasi tidak langsung dan
dokumentasi, dengan alat pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi
sekolah, sebelum digunakannya alat pengumpul data tersebut telah divalidasi dan
diuji reliabilitasnya. Teknik analisa data dari hasil penelitian ini adalah analisis
regresi linier sederhana dan regresi linear berganda.
iv

Dari penelitian ini lingkungan belajar dan fasilitas perpustakaan tidak
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs Mujahidin Pontianak. Saran dari
penelitian ini : 1) Kepada peneliti selanjutnya harus lebih menekankan penjelasan
kepada siswa sebelum membagikan angket, karena sebagian besar siswa masih
belum mengerti dan takut akan mempegaruhi nilai, sehingga siswa sungguhsungguh

dalam mengisi pernyataan angket. 2) Diharapkan kepada pihak sekolah
untuk dapat menambah koleksi buku yang ada. 3) Diharapkan petugas
perpustakaan memberikan kegiatan bimbingan belajar dengan siswa-siswi.
Kegiatan itu seperti membantu mengarahkan pencarian literatur yang dipakai saat
guru memberikan tugas di perpustakaan maupun belajar kelompok
diperpustakaan.
v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:09
Last Modified: 14 Dec 2020 05:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item
View Item