Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARANMIND MAPPINGTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI SOSOK KABUPATEN SANGGAU

VALERIA YESI, VALERIA YESI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANMIND MAPPINGTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI SOSOK KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (180kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul: ‘Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap
Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Sosok Kabupaten
Sanggau”. Skripsi, Pontianak: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Persatuan Guru Republik Indonesia. September 2019. Masalah umum dalam penelitian
ini yaitu: Bagaimanakah penggunaan model mind mapping terhadap keterampilan
menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Sosok?
Selanjutnya secara khusus masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1)
Bagaimanakah keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Sosok
Kabupaten Sanggau sebelum penerapan model pembelajaran Mind Mapping? 2)
Bagaimanakah keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP PGRI Sosok
Kabupaten Sanggau sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping? 3) Apakah
terdapat pengaruh penerapan model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis puisi
pada siswa kelas VIII A SMP PGRI SOSOK Kabupaten Sanggau?
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk informasi secara objektif dan
relevensi mengenai pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan
menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Sosok Kabupaten Sanggau. Secara
khusus untuk mengetahui: 1) Keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP
PGRI Sosok Kabupaten Sanggau sebelum penerapan model pembelajaran Mind Mapping.
2) Keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Sosok Kabupaten
Sanggau sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping. 3) Apakah terdapat
pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis
puisi pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Sosok Kabupaten Sanggau
Variabel penelitian ini terdiri dari Variabel bebas yaitu: “ model pembelajaran
Mind Mapping” dan Variabel terikatnya adalah “keterampilan menulis puisi”. .”
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan bentuk Pre-expreimental desing
dengan Rancangan One-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Sosok Kabupaten Sanggau. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A dan kelas VIII B.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan umum: Pengaruh Penggunaan
model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan menulis puisi pada siswa
kelas VIII SMP PGRI Sosok Kabupaten Sanggau lebih baik dibandingkan dengan
penggunaan model pembelajaran secara konvensional. Secara khusus kesimpulan
penelitian ini yaitu: 1) Keterampilan siswa sebelum Menggunakan model pembelajaran
Mind Mapping dalam keterampilan menulis puisi memperoleh Nilai rata-rata
keterampilan siswa sebesar 54,36% kategori Tinggi Kurang. 2) Keterampilan siswa
sesudah Menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam keterampilan menulis
puisi termasuk dalam kategori terampil dengan memperoleh Nilai rata-rata hasil
keterampilan sebesar 67,42% kategori Sangat Cukup. 3) Berdasarkan uji t-tes dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada keterampilan menulis puisi dikelas VIII A
SMP PGRI Sosok Kabupaten Sanggau. 4) Berdasarkan kriteria besarannya Effect Size
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada keterampilan siswa dengan model Mind
Mapping pada keterampilan menulis puisi dikelas VIII SMP PGRI Sosok Kabupaten
Sanggau.
Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Guru dalam menerapkan model pembelajaran
Mind Mapping harus mampu mengawasi siswa pada saat diskusi kelompok dalam
memecahkan masalah yang diberikan agar semua terlibat aktif dan mampu menggunakan
i

ide-ide pemikiran siswa dalam mencari penyelesaian tugas yang diberikan. 2) Guru yang
ingin menggunakan model pembelajaran Mind Mapping hendaknya mempersiapkan
perencanaan pembelajaran dan kelengkapan penunjang belajar secara maksimal terlebih
dahulu supaya tujuan dari proses belajar dapat tercapai, terutama dalam meningkatkan
aktivitas siswa dalam belajar. 3) Tentunya dalam penelitian ini tidak sepenuhnya
sempurna sesuai keinginan, sebab itu diharapkan kepada penelitian selanjutnya untuk
berusaha melakukan penelitian lanjutan guna menyempurnakan kekurangan yang terdapat
di dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Mind Mapping, keterampilan siswa.

ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:12
Last Modified: 14 Dec 2020 05:12
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item
View Item