Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN TEKNIK EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 01 HULU SUNGAI KABUPATEN KETAPANG

DESYTIA APRILIANSI, DESYTIA APRYLIANSI (2020) PENERAPAN TEKNIK EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 01 HULU SUNGAI KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 9 RINGKASAN SKRIPSI CICI.pdf] Text
9 RINGKASAN SKRIPSI CICI.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 14 BAB 1 CICI.pdf] Text
14 BAB 1 CICI.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 15 BAB 2 CICI.pdf] Text
15 BAB 2 CICI.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 16 BAB 3 CICI.pdf] Text
16 BAB 3 CICI.pdf

Download (213kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

. Rumusah masalah yang sesuai dengan rumusan masalah penelitian di atas
adalah sebagai berikut:1) Bagaimanakah pelaksanaan metode pembelajaran everyone is
a teacher dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMAN 01 Hulu
Sungai Kabupaten Ketapang? Bagaimanakah hasil belajar geografi dengan metode
pembelajaran everyone is a teacher siswa kelas XI SMAN 01 Hulu Sungai Kabupaten
Ketapang? 3) Apakah metode pembelajaran everyone is a teacher dapat meningkatkan
hasil belajar geografi siswa kelas XI SMAN 01 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang?
Metode yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah menggunakan
metode penelitian tindakan (action research). Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek penelitian yang terdapat pada
penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran geogarfi dan siswa yang
berjumlahkan 26 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 11 orang laki-laki di
kelas XI IPS. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah a).
Teknik Observasi Langsung, b) Teknik Pengukuran, c) Teknik Studi Dokumenter /
bibliogrphis. Adapun alat pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini
adalah a). Pedoman Observasi, b) Tes dan c) Dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Teknik Analisis Data Kualitatif
dan 2) Teknik Analisis Data Kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data secara umum dapat disimpulkan bahwa
melalui metode pembelajaran everyone is a teacher dapat meningkatkan hasil belajar
geografi siswa kelas XI SMAN 01 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang. Kesimpulan
untuk setiap sub masalah penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut : 1) Penerapan
model pembelajaran everyone is a teachers pada siswa kelas XI IPS di Sekolah
Menengah Atas Negeri 01 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang dilakukan melalui
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan dua kali pertemuan.
(a) Kegiatan pendahuluan diawali dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan
salam, dilanjutkan dengan berdoa bersama dan mempresensi siswa dan guru
menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. (b) Kegiatan inti meliputi guru menjelaskan garis besar materi pokok
sumber daya alam dalam jaringan, membagikan kertas kepada siswa dan meminta
siswa untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang sumber daya alam yang akan
didiskusikan didalam kelas. Kertas tersebut kemudian dikumpulkan, dikocok dan
dikembalikan kepada siswa secara acak. Siswa diminta untuk membaca dan memahami
pertanyaan yang ada pada kertas masing-masing. Guru meminta sukarelawan untuk
membacakan pertanyaan yang dia dapat dan menjawabnya, sementara teman yang lain
dapat memberikan pendapat yang lain maupun melengkapi jawaban siswa sukarelawan.
Guru memberikan aplous atau memberikan apresiasi kepada siswa yang bersedia
menjadi sukarelawan dan menjawab pertanyaan yang tertulis di kertas. Guru
melakukan pengamatan terhadap partisipasi siswa pada pertemuan pertama. (c)
Kegiatan penutup dilakukan dengan guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari. Guru memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan
kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung serta melakukan refleksi terhadap
seluruh kegiatan belajar mengajar. Terakhir, guru menutup pelajaran dan mengucapkan
salam. (2) Hasil evaluasi bahwa dapat diketahui bahwa sebelum dilakukan penerapan
pembelajaran metode pembelajaran everyone is a teacher dalam materi sumber daya
alam pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 64,00 dan jumlah siswa yang
tidak tuntas sebanyak 26 siswa atau sebesar 100% dan siswa yang tuntas sebanyak 0


siswa atau sebesar 0%, kemudian setelah diperoleh hasil pra siklus, maka dilanjutkan
dengan menerapkan metode pembelajaran everyone is a teacher dalam materi sumber
daya alam pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 71,38 jumlah siswa yang
tidak tuntas sebanyak 15 siswa atau sebesar 58,70% dan jumlah siswa yang tuntas
adalah 11 siswa atau sebesar 42,30%. Selanjutnya penerapan metode pembelajaran
everyone is a teacher pada hasil belajar dalam pada siklus II diperoleh nilai rata-rata
siswa 84,03 dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa atau sebesar 3,85%
serta jumlah siswa yang tuntas adalah 25 siswa atau Ketuntasan Klasikal 96,15% yang
mengikuti siklus II. 3). Metode pembelajaran everyone is a teacher dapat meningkatkan
hasil belajar geografi siswa kelas XI SMAN 01 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang.
Dari kesimpulan yang dikemukakan dan berdasarkan hasil penelitian yang
telah diuaraikan di atas, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut : 1) Saran
untuk sekolah supaya lebih bisa mendukung dan memfasilitasi guru dalam
menggunakan dan mengembangkan model pembelajaran everyone is a teacher supaya
siswa lebih tertarik pada pembelajaran. 2) Diharapkan dengan penggunaan modul
sebagai sumber belajar dapat diterapkan oleh guru bidang studi sejarah maupun bidang
studi lainnya. Karena dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher
sebagai sumber belajar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3) Siswa yang
hendaknya membiasakan diri untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar,
salah satunya dengan metode pembelajaran everyone is a teacher sebagai sumber
belajar dapat merangsang siswa untuk lebih aktif belajar dirumah dalam mencari materi
yang di butuhkan.

Kata Kunci : Teknik Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:06
Last Modified: 14 Dec 2020 05:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item
View Item