NELSON, NELSON (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAR KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
2. ABSTRAK.pdf
Download (84kB)
3. BAB I.pdf
Download (119kB)
4. BAB II.pdf
Download (204kB)
5. BAB III.pdf
Download (168kB)
Abstract
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS
GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAR
KABUPATEN BENGKAYANG
Nelson, Muhammad Lahir, M.Pd, Muhammad Thamimi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran
kooperatif teams games tournament (TGT) dengan motivasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang. Dari rumusan masalah
penelitian yang diajukan, maka analisis data yang telah dilakukan dan
pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat ditarik
beberapa kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Pembelajaran
kooperatif teams games tournament (TGT) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar
Kabupaten Bengkayang dapat dijelaskan bahwa tingkat presentase 86 – 100%
dengan predikat sangat baik sebanyak 0 siswa, presentase 76 – 85% dengan
predikat baik sebanyak 0 siswa, presentase 60 – 75 % dengan predikat cukup
sebanyak 24 siswa, presentase 55 - 59% dengan predikat kurang sebanyak 0
siswa, presentase <54% dengan predikat sangat kurang sebanyak 0. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teams games
tournament (TGT) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang
dikategorikan cukup. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar
Kabupaten Bengkayang dapat dijelaskan bahwa tingkat presentase 86 – 100%
dengan predikat sangat baik sebanyak 0 siswa, presentase 76 – 85% dengan
predikat baik sebanyak 8 siswa, presentase 60 – 75 % dengan predikat cukup
sebanyak 16 siswa, presentase 55 - 59% dengan predikat kurang sebanyak 0
siswa, presentase <54% dengan predikat sangat kurang sebanyak 0. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Lumar Kabupaten Bengkayang dikategorikan cukup. 3) Terdapat hubungan antara
pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dengan motivasi belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang dapat diketahui
bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,841> 0,404) dan nilai
signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).
Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis pertama dalam penelitian ini tidak
ditolak. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan
positif dan signifikan pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT)
dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten
Bengkayang.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT),
Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 03:22 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:22 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/740 |