Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAR KABUPATEN BENGKAYANG

NELSON, NELSON (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAR KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS
GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAR
KABUPATEN BENGKAYANG

Nelson, Muhammad Lahir, M.Pd, Muhammad Thamimi, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran
kooperatif teams games tournament (TGT) dengan motivasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang. Dari rumusan masalah
penelitian yang diajukan, maka analisis data yang telah dilakukan dan
pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat ditarik
beberapa kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Pembelajaran
kooperatif teams games tournament (TGT) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar
Kabupaten Bengkayang dapat dijelaskan bahwa tingkat presentase 86 – 100%
dengan predikat sangat baik sebanyak 0 siswa, presentase 76 – 85% dengan
predikat baik sebanyak 0 siswa, presentase 60 – 75 % dengan predikat cukup
sebanyak 24 siswa, presentase 55 - 59% dengan predikat kurang sebanyak 0
siswa, presentase <54% dengan predikat sangat kurang sebanyak 0. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teams games
tournament (TGT) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang
dikategorikan cukup. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar
Kabupaten Bengkayang dapat dijelaskan bahwa tingkat presentase 86 – 100%
dengan predikat sangat baik sebanyak 0 siswa, presentase 76 – 85% dengan
predikat baik sebanyak 8 siswa, presentase 60 – 75 % dengan predikat cukup
sebanyak 16 siswa, presentase 55 - 59% dengan predikat kurang sebanyak 0
siswa, presentase <54% dengan predikat sangat kurang sebanyak 0. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Lumar Kabupaten Bengkayang dikategorikan cukup. 3) Terdapat hubungan antara
pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dengan motivasi belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten Bengkayang dapat diketahui
bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,841> 0,404) dan nilai
signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).
Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis pertama dalam penelitian ini tidak
ditolak. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan
positif dan signifikan pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT)
dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumar Kabupaten
Bengkayang.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT),
Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:22
Last Modified: 24 Nov 2020 03:22
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item
View Item