Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENGUATKAN FAKTOR INTERNAL KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG

NOVIANA, NOVIANA (2020) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENGUATKAN FAKTOR INTERNAL KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)

Abstract

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK
MENGUATKAN FAKTOR INTERNAL KEMAMPUAN MEMBACA

SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
NEGERI 02 SUNGAI BETUNG KABUPATEN
BENGKAYANG

Noviana
IKIP PGRI Pontianak, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
E-mail:Noviana7761@gmail.com

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang kemampuan membaca
siswa tentang: 1). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan
asertif untuk menguatkan faktor internal kemampuan membaca siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. 2).
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif dapat menguatkan
faktor internal kemampuan membaca siswa kelas VIII di Sekolah Menengah
Petama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. 3). Kondisi faktor
internal membaca pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02
Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian
Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTKBK) dan teknik yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik
komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, panduan
wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang yang
berjumlah 9 orang siswa sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis data observasi, analisis data hasil wawancara, analisis data
angket dan analisis data dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa
berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh kesimpulan secara
umum bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif
dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Bimbingan Kelompok, TeknikAsertif

RINGKASAN SKRIPSI

Judul “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Untuk
Menguatkan Faktor Internal Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang”. Rumusan
masalah penelitian 1). Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok
dengan teknik latihan asertif untuk menguatkan faktor internal kemampuan
membaca siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung
Kabupaten Bengkayang ? 2). Bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan
teknik latihan asertif dapat menguatkan faktor internal kemampuan membaca siswa
kelas VIII di Sekolah Menengah Petama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten
Bengkayang ? 3). Bagaimanan kondisi faktor internal membaca pada siswa kelas
VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten
Bengkayang ?
Variabel yang diteliti yaitu faktor internal kemampuan membaca, dengan
aspek 1). Sikap dan minat 2). Kebiasaan membaca 3). Tingkat intelegensi 4).
Kemampuan membaca 5)). Pengetahuan tentang cara membaca. Motode yang
digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTKBK). Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang yang
dimana terdiri dari 9 orang dari 32 siswa, 7 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa
perempuan.
Hasil penelitian yaitu Gambaran awal kemampuan membaca siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang,
sebelum pemberian tindakan layanan bimbingan kelompok dengan asertif pada
Siklus I dan Siklus II. kemampuan mebaca siswa masih rendah serta siswa tidak
memiliki kepercayaan diri serta keberanian dalam membaca dan tidak memiliki
minat yang baik dalam membaca buku. Setelah diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik asertif pada Siklus I dan Siklus II, kemampuan membaca
siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten
Bengkayang meningkat dari yang tidak percaya diri dalam membaca menjadi lebih
berani dan percaya diri, serta memiliki minat membaca yang jauh lebih baik dari
sebelum berikannya tindakan bimbingan kelompok dengan teknik asertif.
Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif dapat
meningkatkan kemamuan membaca siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. Setelah pelaksanaan Siklus I dan
Siklus II kemampuan membaca siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertema
Negeri 02 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang Meningkat dari persentase
keseluruhan 47% dengan kategori “Cukup” menjadi 79% dengan kategori “Baik”.
Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik asertif dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertema Negeri 02
Sungai Betung Kabupaten Bengkayang, setelah pelaksanaan Siklus I dan Siklus II
terjadi peningkatan kemampuan membaca. Peningkatan kemampuan membaca
siswa dapat dilihat dari hasil angket yang telah peneliti sebarkan sebelum
pelaksanaan Siklus I dan Siklus II, dapat dilihat sebagai berikut: Hasil angket


kemampuan membaca sebelum tindakan Siklus I dan Siklus II memperoleh hasil
angket keseluruhan yaitu 47% dengan kategori “Cukup” dan hasil angket
kemampuan membaca setelah pelaksanaan tindakan siklus I dan Siklus II
memperoleh hasil keseluruhan sebanyak 78% dengan kategori “Baik”, kemudian
peneliti putuskan untuk berhenti karena telah memperoleh hasil yang sudah sesuai
dengan harapan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:27
Last Modified: 24 Nov 2020 03:27
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item
View Item