Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN KELAS VII DI MTs. DARUL FALAH PONTIANAK

MULYADI, MULYADI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN KELAS VII DI MTs. DARUL FALAH PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf

Download (507kB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui terdapat
pengaruh yang signifikans pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs.
Darul Falah Pontianak. Adapun sub masalah adalah sebagai berikut: (1)
Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diajarkan
dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan di
kelas VII MTs. Darul Falah Pontianak; (2) Bagaimanakah kemampuan
komunikasi matematis siswa sesudah diajarkan dengan menggunakan
pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul
falah Pontianak; (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran
kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi
operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul falah Pontianak. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini quasy experimental design dengan rancangan one
group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII MTs Darul Falah Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada
penelitian ini adalah tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data dalam
penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan
secara umum dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis
siswa sebelum pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan adalah
rata-rata skor nilai sebesar 27,31 yang tergolong gagal dengan standar deviasi
14,44; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajarkan
pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan adalah rata-rata skor nilai
sebesar 73,08 yang tergolong tinggi dengan standar deviasi 9,83; (3) Berdasarkan
perhitungan dengan rumus uji T menggunakan Ms.Excel dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa pada materi operasi himpunan.
Kata Kunci: Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:01
Last Modified: 24 Nov 2020 03:01
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item
View Item