Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG

HENDRA (2020) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of abstrak dan ringkasan skripsi.pdf] Text
abstrak dan ringkasan skripsi.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Skripsi ini berjudul “Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Verbal
Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03
Sungai Betung Kabupaten Bengkayang”.Dengan Masalah umum “Bagaimanakah
mengembangkan komunikasi verbal melalui layanan bimbingan kelompok pada
siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten
Bengkayang?” Dengan sub masalah sebagai berikut : (1) bagaimanakah gambaran
komunikasi verbal pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai
Betung Kabupaten Bengkayang? (2) bagaimanakah pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi verbal siswa di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang? (3) apakah
layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan komunikasi verbal siswa di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang?.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan komunikasi verbal
melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. Dengan tujuan khusus untuk
mengetahui tentang: (1) gambaran komunikasi verbal siswa Di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. (2) pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan komunikasi verbal siswa di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. (3)
layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi verbal siswa di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang.
Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi verbal. Metode penelitian
ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Penelitian ini
adalah penelitian kerja sama antara konselor(guru bimbingan dan konseling dan
peneliti (mahasiswa). Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi langsung
dengan alat pengumpulan data yaitu pedoman observasi, teknik komunikasi
langsung dengan alat pengumpulan data yaitu panduan wawancara, dan teknik
komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data yaitu skala psikologis.
Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa bahwa layanan
Bimbingan kelompok dapat mengembangkan kemampuan komunikasi verbal siswa
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang.
Perkembangan tersebut diketahui dari peningkatan Aspek disetiap siklusnya, pada
siklus pertama diperoleh persentase 50% (CUKUP) dan pada siklus kedua
mengalami peningkatan menjadi 74% (BAIK), semua siswa sudah dalam kategori
baik. Jadi ini menunjukan komunikasi verbal siswa telah berkembang dengan Baik.
Berdasarkan kesimpulan dapat diajukan saran-saran: (1) Guru bimbingan dan
konseling dapat meggunakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi
permasalah-permasalah siswa terutama terkait dengan komunikasi verbal,
khusunya SMP Negeri 03 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang.
(2) Kepala sekolah dapat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh guru
bimbingan dan konseling. (3) Layanan bimbingan kelompok yang sudah dilakukan
sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengatasi masalah yang dialami, terutama
untuk mengembangkan komunikasi verbal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:06
Last Modified: 18 Sep 2020 08:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item