Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP- NEGERI 2 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

YULIANA APRIYANTI (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP- NEGERI 2 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 7 ABSTRAK SKRIPSI YULIANA.pdf] Text
7 ABSTRAK SKRIPSI YULIANA.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 12 BAB 1 SKRIPSI YULIANA.pdf] Text
12 BAB 1 SKRIPSI YULIANA.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 13 BAB 2 SKRIPSI YULIANA.pdf] Text
13 BAB 2 SKRIPSI YULIANA.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 14 BAB 3 SKRIPSI YULIANA.pdf] Text
14 BAB 3 SKRIPSI YULIANA.pdf

Download (254kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi masalah umum dalam
penelitian ini adalah “Bagaimanakah hubungan penggunaan media grafis terhadap
keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh
Kabupaten Melawi?. Permasalahan umum tersebut dirinci lagi dengan tujuan
memudahkan dalam penelitian. Adapun sub masalah dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut. 1). Bagaimanakah penggunaan media grafis pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh? 2).
Bagaimanakah keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh? 3). Apakah terdapat hubungan penggunaan media
grafis dengan keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam
penelitian ini penelitian menggunakan studi survey. Rancangan penelitian merupakan
rancangan penelitian korelasi guna mengetahui hubungan penggunaan media grafis
dengan keterampilan menulis teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga
Pinoh Kabupaten Melawi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 205 orang yang
terdiri dari lima tujuh VIII dan seorang guru Pendidikan Bahasa Indonesia kelas VIII
SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Teknik pengumpul data yang
digunakan adalah teknik observasi, teknik komunikais langsung, teknik pengukuran
dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar
observasi, pedoman wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis deskriptif ini untuk
menjawab permasalahan penelitian nomor 1 menggunakan rumus persentase,
Kesimpulan dalam penelitian ini untuk terdapat hubungan penggunaan media
grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga
Pinoh Kabupaten Melawi. Adapun kesimpulan khusus yang sesuai dengan tujuan
penelitian di atas untuk mengetahui: 1). Penggunaan media grafis pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh,
Setelah data dalam tabel tersebut diolah dengan menggunakan program spss v.20 dapat
diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data dengan nilai mean (rata-rata) adalah
88,48, nilai median (nilai tengah) adalah 88,75, nilai mode (nilai yang sering banyak
muncul) adalah 88, nilai range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari
sebuah instrumen selama periode tertentu) adalah 10, nilai minimum (nilai terendah)
adalah 83, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 93, dan nilai sum (jumlah nilai)
adalah 2478. 2). Keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh, Setelah data dalam tabel tersebut diolah dengan
menggunakan program spss v.20 dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan
data dengan nilai mean (rata-rata) adalah 71,55, nilai median (nilai tengah) adalah
73,00, nilai mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 73,00, nilai range selisih
antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama periode tertentu)
adalah 39,00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 57,00, nilai maximum (nilai
tertinggi) adalah 87,00, dan nilai sum (jumlah nilai) adalah 2003. 3). Terdapat
hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa
Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh hasil penelitian
diperoleh koefisien korelasi Rx
y
= 0,404, dan dari hasil r
hitung
dikonsultasikan dengan
r
tabel
taraf signifikan 5% dengan db 28 yaitu 0,374 yang berarti r
hitung
. Dengan
demikian, dapat diketahui ada hubungan penggunaan media grafis terhadap
keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Nanga Pinoh dan menurut tabel interprestasi nilai r diartikan interprestasinya sedang.
Saran dari hasil penelitiian ini adalah 1) Diharapkan kepada siswa agar selalu
mengikuti saran dan atau anjuran guru dan melaksanakan program belajar dengan baik
guna memanfaatkan media grafis di kelas maupun di sekolah serta lebih disiplin dalam
segi waktu, tidak terlambat datang ke sekolah, sehingga waktu belajar tidak terbuang
percuma. 2). Diharapkan kepada guru agar dapat menggunakan penggunaan media
grafis ini sebagai bekal untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam mendidik
siswa. Karena media grafis dalam penelitian ini mempunyai hubungan penggunaan
media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh, maka disarankan kepada guru agar
memberikan program tersebut tersebut kepada seluruh siswa. 3). Diharapkan kepada
peneliti lanjutan ketika dalam penggunaan populasi atau sampel dalam jumlah yang
lebih besar dan divariasikan dengan kelompok kontrol bagi peneliti yang meneliti
penelitian serupa, untuk mengetahui hasil penelitian yang lebih baik lagi.
> r
tabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:06
Last Modified: 18 Sep 2020 08:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item