Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SANGGAU LEDO

Oksalinin, Oksalinin (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SANGGAU LEDO. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI-dikonversi.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I-dikonversi.pdf] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB II-dikonversi.pdf] Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB III-dikonversi.pdf] Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (192kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Diperlukan suatu terobosan baru dalam menarik perhatian siswa untuk belajar mandiri dengan cara yang berbeda, misalnya dengan mengembangkan gameedukasi sebagai media belajar mandiri pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan serta keefektifan gameedukasi media pembelajaran IPA berbasis RPG Maker Vx Ace sebagai media belajar mandiri pada materi ekskresi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: 1) analysis,2)design,3)development, 4) implementation, 5) evaluation.Data uji coba pada penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data validasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dikembangkan dengan lima tahapan ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan analisis kinerja dan analisis kebutuhan, pada tahap desain dilakukan rancanganelemen pembentuk game, pada tahap pengembangan dilakukan realisasi tahap desain, pada tahap implementasi dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media, serta uji coba kepada siswa, pada tahap evaluasi dilakukan pengolahan data serta klarifikasi semua data dengan kriteria yang ditetapkan sebelumnya.Media yang dikembangkan dinyatakan valid yang dilihat dari hasil penilaian validator terhadap game edukasi media pembelajaran IPA dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 3,19.Selain itu, media dinyatakan praktis yang dilihat berdasarkan penilaian validator bahwa media dapat digunakandilapangan dengan revisi. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa media dinyatakan efektif yang dilihat dari respons siswa yang sangat kuat terhadap game edukasi media pembelajaran IPA dengan persentase respons sebesar 88,23%, serta persentase siswa yang tuntas dalam game edukasi media pembelajaran IPA sebesar 96,42%yang dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Game edukasi, RPG Maker Vx Ace

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:09
Last Modified: 18 Sep 2020 08:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item
View Item