Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN KERANGKA KERJA TPCK(Technological Pedagogical And Content Knowledge) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS NAHDHATUL ATFHAL SUNGAI AMBAWANG

Lisa, Susanti (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN KERANGKA KERJA TPCK(Technological Pedagogical And Content Knowledge) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS NAHDHATUL ATFHAL SUNGAI AMBAWANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.docx] Text
RINGKASAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[thumbnail of BAB 1.docx] Text
BAB 1.docx

Download (32kB)
[thumbnail of BAB 2.docx] Text
BAB 2.docx

Download (75kB)
[thumbnail of BAB 3.docx] Text
BAB 3.docx

Download (51kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Generatif dengan Kerangka Kerja TPCK(Technological Pedagogical and Content Knowledge) Terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang”. Adapun Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang”?. Sub-sub masalah yakni: (1).Bagaimanakah hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di Kelas VII MTs Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang sebelum diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK?. (2).Bagaimanakah hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di Kelas VII MTs Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang setelah diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK?. (3).Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK?
Tujuan umum dalam penelitian ini bertujuan untuk “Mengetahui penerapan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang”. Secara rinci tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui : (1).Hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di Kelas VII MTs Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang sebelum diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK. (2).Hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di Kelas VII MTs Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang setelah diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK. (3).Perbedaan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII MTs Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat perbedan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Pre-Experimental Design (nondesign). Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Nahdhatul Athfal Sungai Ambawang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Penentuan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yaitu sampel yang didapatkan yaitu kelas VII A. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan skor pretest dengan menggunakan rumus chi-square 〖X^2〗_hitung>〖X^2〗_tabel yaitu 37,28 > 7,815 tidak berdistribusi normal. Karena data tidak berdistribusi normal maka pengujian hipotesis menggunakan wilcoxon. Kriteria pengujian hipotesis “jika Z_hitung>Z_tabel maka H_0 ditolak dan Ha diterima”.
Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk esai sebanyak 8 soal. Sebelum diunakan alat pengumpul data tersebut divalidasi oleh tiga valodator. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang. Hasil dari sub-sub masalah penelitian tersebut diperoleh kesimpulan: (1).Hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya sebelum diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK diperoleh rata-rata sebesar 48,00 dengan kriteria cukup baik. (2). Hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya setelah diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka TPCK diperoleh rata-rata sebesar 72,96 dengan kriteria baik. (3). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK pada materi wujud zat dan perubahannya dimana diperoleh z_hitung>z_tabel yaitu 4,54> 1,645. Dimana terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK pada materi wujud zat perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 11 Mar 2020 14:46
Last Modified: 18 Sep 2020 08:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item