Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH KREATIVITAS DAN SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 PUTUSSIBAU

Maria Januarti, Maria (2020) PENGARUH KREATIVITAS DAN SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I, 2, 3, 4, 5.pdf] Text
BAB I, 2, 3, 4, 5.pdf

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK
Pengaruh Kreativitas Dan Sikap Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital
Di SMK Negeri 1 Putussibau

Oleh :

Maria Januarti
NIM. 231510004

Email: Mariajanuarti1302@gmail.com

Tujuan penelitian ini ialah unuk mengetahui pengaruh kreativitas dan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 1 Putussibau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (Expost Facto). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi hasil belajar siswa berupa nilai rapot semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X TKJ pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini yang pertama menggunakan rumus regresi sederhana, dan regresi linear berganda. Hasil yang diketahui setelah melakukan penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif kreatvitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaranSimulasi Digital kelas X TKJ SMK Negeri 1 Putussibau. Hal ini ditunjukan dengan harga koefisien korelasi 0,085 dan koefisien determinasi sebesar 0,0072. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa semakin baik kreativitas maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital. (2) Terdapat pengaruh positif sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaranSimulasi Digital kelas X TKJ SMK Negeri 1 Putussibau. Hal ini ditunjukan dengan harga koefisien korelasi 0,081 dan koefisien determinasi sebesar 0,0062. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa semakin baik kreativitas maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital.(3) Terdapat pengaruh positif kreatvitas dan sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaranSimulasi Digital kelas X TKJ SMK Negeri 1 Putussibau. Hal ini ditunjukan dengan harga koefisien korelasi 0,096 dan koefisien determinasi sebesar 0,0092. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa semakin baik kreativitas dan sikap belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital.

Kata Kunci : Kreativitas, Sikap Belajar, Hasil Belajar SMK Negeri 1 Putussibau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:09
Last Modified: 18 Sep 2020 08:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item