Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 ROCA KABUPATEN SEKADAU

ERWIN, KURNIAWAN and ISKANDAR, ISKANDAR, M.PD and MIRA, FUZITA, M.Pd (2019) SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 ROCA KABUPATEN SEKADAU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kebugaran jasmani Siswa Putra Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani Siswa Putra Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau. Variabel adalah faktor-faktor atau gejala-gejala yang diamati dalam penelitian.variabel dalam penelitian ini adalah kebugaran jasmani Siswa Putra Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Kebugaran jasmani Siswa Putra Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau.Bentuk yang digunakan adalah survei yaitu penelitian yang berusaha melihat keadaan tanpa memberikan perlakuan, dan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 siswa sampel dalam penelitian ini menggunakan total Sampling dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Alat pengumpul data menggunakan Penilaian Kebugaran Jasmani Dengan Tes Kebugaran Jasmani untuk anak usia Sekolah Dasar. Teknik analisis data dilakukan dengan secara kuantitatif dengan menggunakan bantuan statistik deskriptif
Berdasarkan analisis data dapat diketahui hasil analisis data tingkat Kebugaran Jasmani siswa putra yang mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau melalui tes TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) sebagian besar masuk dalam kategori sedang yaitu 14 siswa atau sebanyak 48,28%,.
Kesimpulan Dari hasil penelitian tes lari 40 meter, gantung angkat tubuh siku ditekuk, baring duduk 30 detik, Loncat tegak dan lari 600 meter maka dapat ditarik kesimpulan tingkat Kebugaran Jasmani siswa putra di Sekolah Dasar Negeri 15 Roca Kabupaten Sekadau melalui tes TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) sebagian besar masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 14 siswa atau sebanyak 48,28%, yang masuk dalam kategori kategori kurang yaitu sebanyak 12 siswa atau 41,38% dan yang memiliki rata-rata tingkat Kebugaran Jasmani kategori baik sebanyak 2 siswa atau dalam persentase 6,9%.
Saran untuk mencapai tingkat Kebugaran Jasmani siswa yang baik maka siswa harus sering berlatih melakukan lari 40 meter, gantung angkat tubuh siku ditekuk, baring duduk 30 detik, loncat tegak dan lari 600 meter dengan melakukannya beruntun dengan satu satuan waktu. Agar bisa mencapai tingkat Kebugaran Jasmani yang lebih baik lagi. Bagi para siswa jika ingin Kebugaran Jasmaninya tetap terjaga maka jangan hanya melakukan aktifitas olahraga di sekolah saja tapi melakukan kegiatan olahraga di luar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 May 2019 08:12
Last Modified: 24 May 2019 08:12
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item