Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR

BUDI, UTOMO and ILHAM, SURYA FALLO, S.Or, M.Pd and ZAINAL, ARIFIN, M.Pd (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI] Text (RINGKASAN SKRIPSI)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 dua1.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 dua.pdf

Download (194kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan hasil belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang” Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan Hasil belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang.
Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel masalah adalah sejumlah gejala atau faktor yang menentukan atau mempengaruhi ada atau munculnya gejala lain. Adapun yang menjadi variabel masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar lempar cakram. Variabel tindakan adalah variabel yang ada atau munculnya ditentukan atau dipengaruhi oleh variabel masalah, ada atau munculnya variabel ini karena variabel tindakan tertentu, yang menjadi Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran lempar cakram menggunakan modifikasi piring plastik.
. Penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Dan alat pengumpul data Untuk mengukur hasil belajar Lempar cakram, dengan instrumen yang divalidasi ahli, Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif .
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dinyatakan terdapat peningkatan hasil belajar Lempar cakram yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,65 jadi peningkatannya sebesar 21,92%. sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,48, jadi peningkatannya sebesar 45,06%.
Dalam penelitian ini disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan media piring plastik pada siswa kelas VIII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang dapat ditarik kesimpulan khusus sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran lempar cakram menggunakan media piring plastik yang dilakukan oleh guru dengan baik hal tersebut di buktikan dengan telah dibuatnya rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat terlaksana sesuai yang direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas VIII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. (2) Pelaksanaan pembelajaran lempar cakram menggunakan media piring plastik yang dilakukan guru telah dilaksanakan dengan baik dari tanggal tanggal 16 Januari sampai 30 Januari 2019.
(3) Hasil evaluasai bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan media piring plastik pada siswa kelas VIII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan peningkatan hasil belajar lempar cakram yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,65 jadi peningkatannya sebesar 21,94%. sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,48, jadi peningkatannya sebesar 45,06%. disarankan bagi : (1) Guru penjaskes diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dan lebih inovatif pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa. (2) Mengingat pembelajaran Lempar cakram masih banyak berbagai persoalan yang belum teridentifikasi dan terpecahkan, maka diharapkan adanya penelitian Pembelajaran Tolak Peluru Dengan Menggunakan modifikasi media modifikasi piring plastik yang dilakukan guru dapat meningkatkan hasil belajar Lempar cakram siswa. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar Lempar cakram dapat menggunakan Pembelajaran Lempar cakram dengan menggunakan media modifikasi piring plastik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:35
Last Modified: 05 Apr 2019 02:35
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item