Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

INTEGRASI NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUJAHIDIN PONTIANAK

RATIH, PRATIWI (2018) INTEGRASI NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUJAHIDIN PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI] Text (RINGKASAN SKRIPSI)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Pontianak. Sumber data terdiri dari guru mata pelajaran IPS Terpadu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan siswa kelas VII sebagai sumber data primer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan studi dokumenter. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Sehingga tidak hanya satu aspek yang dibutuhkan oleh siswa, namun ketiga aspek tersebutlah yang sangat dibutuhkan oleh siswa pada saat kini. Pendidikan karakter sangat diperlukan di dalam dunia pendidikan, karena siswa saat ini perlu bimbingan atau arahan agar sifat (karakter) siswa tersebut sejalan dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sifat (karakter) yang diinginkan tentunya yang berarah positif, yang dapat dibanggakan dan disenangi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu pendidikan karakter perlu diselipkan dalam setiap mata pelajaran, termasuk pula mata pelajaran IPS Terpadu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Pontianak secara umum sudah berjalan dengan cukup baik dan efektif. Hal ini terlihat dari cara guru mata pelajaran IPS Terpadu mempersiapkan, melaksanaan, dan mengevaluasi hasil dari proses integrasi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut . Dimana guru telah menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam setiap materi yang akan disampaikan kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diharapkan dari hasil proses belajar tersebut dapat membuka wawasan berfikir siswa dan merubah karakter siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 15 Mar 2019 04:23
Last Modified: 15 Mar 2019 04:23
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item