Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA REFUTATION TEXT PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 08 PONTIANAK

DEVIANA, LESTARI and MUHAMAD, FIRDAUS, M.Pd and Nurmaningsih, M.Pd (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA REFUTATION TEXT PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 08 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1 COVER 1.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
5 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
6 BAB II.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
7 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
8 BAB IV.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
8 BAB V PENUTUP.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA ANNA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XIMIA 4 SMA Negeri 08 Pontianak pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Yang terdiri dari 34 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan post test. Intrumen tersebut dilakukan validasi dan ujicoba terlebih dahulu dan dari 9 soal, 6soal yang dinyatakan valid. 3 soal sebagai postest untuk siklus I dan 3 soal sebagai post test siklus II.
Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dua pertemuan digunakan untuk perlakuan dengan menggunakan media refutation text dan 2 pertemuan digunakan untuk postest (tes akhir). Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting).
Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media Refutation Text dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XIMIA 4 SMA Negeri 08 Pontianak. Pernyataan tersebut didasari padahasil belajar mengalami peningkatan yang dilihat dari jumlah ketuntasan siswa baik secara individu maupun secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Selain itu,motivasi siswa yang meningkat dari sedang ke tinggi pada siklus I ke siklus II melalui pengisian angket. Berdasarkan peningkatan tersebut maka disarankan kepada guru matematika SMA pada umumnya dan Guru SMA Negeri 08 Pontianak pada khususnya untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan media Refutation Text untuk materi turunan fungsi aljabar ataupun materi yang lainnya dengan tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan media pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:18
Last Modified: 04 Mar 2019 08:18
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item
View Item