Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISSISWA DALAM MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 3 HULU GURUNG

ERNI, JULIANI and MUSA, MUSA, S.Pd, M. Pd and YADI, ARDIAWAN, M.Pd (2019) DESAIN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISSISWA DALAM MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 3 HULU GURUNG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Cover SKRIPSI.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah yaitu “Bagaimana Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Problem Posing Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII di SMP Negeri 3 Hulu Gurung”. Adapun tujuan Khusus dalam penelitian ini untuk menjawab sub-sub masalah yaitu sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model problem posing pada materi segitiga dan segiempat di SMP Negeri 3 Hulu Gurung. (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Posing pada materi segitiga dan segiempat di SMP Negeri 3 Hulu Gurung.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk yang digunakan adalah Quasy experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Hulu Gurung yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik clustur random sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem posing dan kelas VII B sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa. Alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. Sebelum digunakan alat pengumpulan data
tersebut telah divalidasi ali, validasi empiris, menghitung indeks kesukaran, menghitung daya pembeda, dan diuji reliabilitasnya.
Hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model problem posing tergolong baik dengan rata-rata nilai posttest 78,48. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran biasa tergolong sedang dengan rata-rata 52. (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem posing lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa yang diajarkan di SMP Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:08
Last Modified: 04 Mar 2019 08:08
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item
View Item