Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS XII SMK KOPERASI PONTIANAK

SYAFITRI, WULANDARI and YUDI, DARMA, M.Pd and UTIN, DESY SUSIATY, M. PD (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS XII SMK KOPERASI PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian yang digunakan adalah pengembangan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dessiminate (Penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974.
Hasil penelitian yang pertama adalah validitas modul yaitu memperoleh nilai rata-rata dari ketiga validator dengan persentase sebesar 91,74% dalam kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepratisan, dilihat dari hasil perhitungan angket yang diisi oleh siswa dan diperoleh hasil dengan persentase sebesar 82,26% dalam kriteria sangat praktis. Yang ketiga adalah nilai keefektifan, dilihat dari hasil pengerjaan posstest siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipresentasekan dengan keseluruhan nilai sisswa sehingga diperoleh nilai sebesar 75,61% dalam kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep siswa dalam materi peluang pada kelas XII SMK Koperasi Pontianak tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:53
Last Modified: 07 Feb 2019 02:53
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item
View Item