Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK

YULIANA, WIWI and DWI, FAJAR SAPUTRI, M.PD, M.SI and EKA, TRISNAWATI, SP., M.Pd (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 .pdf

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; tujuan umum dalam penelitian ini adalah Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 16 Pontianak . Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kelayakan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Getaran dan Gelombang berdasarkan ahli materi dan ahli media (2) Mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika pada materi Getaran dan Gelombang berdasarkan dengan model pengembangan pengembangan yang digunakan yaitu model rancangan Borg and Gall yang di modifikasi ada enam tahap penelitian yaitu 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan data informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain dan 6) Uji coba produk.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa :1) Hasil dari ahli media menyatakan bahwa LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains layak di uji cobakan dilapakan dengan skor perolehan 81% sedangkan hasil penilaian dari ahli materi menyatakan LKS layak diuji cobakan di lapangan dengan rata-rata skor 73%. 2) Keterampilan proses sains dilihat dari hasil rekapitulasi analisis jawaban siswa dilihat dari tiap aspek (mengamati, memprediksi, menyimpulkan, mengkomunikasikan, mengklasfikasikan, mengukur) . Peningkatan KPS sedudah diterapkan LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains persentase yang diperoleh (82,61%) lebih tinggi dari sbelum diterapkan LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains (46,45%). Dalam penggunaan LKS berbasis problem based learning pada materi getaran dan gelombang untuk meningkatkan Keterampilan proses sains sangat perpengaruh terhadap siswa kelas VIIIC SMP Negeri 16 Pontinak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:27
Last Modified: 31 Jan 2019 06:27
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item
View Item