Search for collections on digilib

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANSCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI IPS MAN 2 PONTIANAK

JUMIATI, JUMIATI and DONY, ANDRASMORO, M.Pd and NORSIDI, NORSIDI, M.Pd (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANSCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI IPS MAN 2 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
2. BAB II.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
R. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
U. BAB V PENUTUP.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
V. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
K. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)

Abstract

Permasalahan umum dalam penelitian ini, yaitu Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak ?. Adapun sub-sub masalahnya meliputi: 1) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak?. 2) Bagaimana peningkatan aktivitas siswadalam pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak?.3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim duniakelas XI IPS MAN 2 Pontianak?.
Variabel penelitian ini yaitu variabel tindakan dan variabel hasil. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kolaboratif (collaborative action).Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi langsung, pengukuran, dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data yaitu panduan observasi, tes, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN 2 Pontianak kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 38 pada semester ganjil 2018/2019.
Kesimpulan secara umum dari analisis hasil pengolahan data yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui model pembelajaran scramblepada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak sudah terlaksana dengan baik dan dapat dikatankan berhasil. Kesimpulan secara khusus yaitu sebagai berikut:1) Pelaksanaan model pembelajaran scramble siklus I 64,70% dan siklus II 94,11% penerapannya dilakukan dengan baik berdasarkan ketuntasan belajar lebih dari 80%. 2) Aktivitas siswadalam pelaksanaan model pembelajaran scramblepada siklus I 77,78% dan siklus II 97,22%. 3)Hasil belajar siswamelalui model pembelajaran scramble yaitu dilihat berdasarkan siklus I 15 siswa tuntas dan 21 siswa belum tuntas, nilai tertinggi 90 nilai terendah 50nilai rata-rata 73,94 ketuntasan belelajar 41,67%. Pada siklus II yaitu 31 siswa tuntas nilai tertinggi 100 dan 5 siswa belum tuntas nilai terendah 60 nilai rata-rata 82,63 ketuntasan belajar 86,11%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:26
Last Modified: 28 Jan 2019 04:26
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item
View Item