Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 SABUNG TRANS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN SAMBAS (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

ROSITA, SARI (2016) PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 SABUNG TRANS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN SAMBAS (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pemakaian Bahasa Indonesia Siswa Di Sekolah Dasar
Negeri 14 Sabung Trans Kecamatan Subah Kabupaten Sambas ( Kajian
Sosiolinguistik). Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap pemakaian Bahasa
Indonesia pada siswa SD Negeri 14 Sabung Trans, Kecamatan Subah, Kabupaten
Sambas. Sekolah Dasar Negeri 14 Sabung Trans terletak di Desa Mukti Raharja
Kecamatan Subah Kabupaten Sambas. Gejala pemakaian berbagai variasi bahasa
daerah dalam komunikasi ternyata memberikan dampak negatif terhadap siswa
sekolah dasar seperti yang Terjadi di dalam pemakaian bahasa di Sekolah Dasar
Negeri 14 Sabung Trans Kecamatan Subah Kabupaten Sambas. Kemampuan
berbahasa Indonesia siswa tergolong masih pasif akibat terbiasa dengan bahasa
ibu dan dialek daerahnya. Situasi pemakaian bahasa Indonesia siswa di Sekolah
Dasar Negeri 14 Sabung Trans Kecamatan Subah Kabupaten Sambas masih
banyak diwarnai dengan bahasa ibu (Bahasa Dayak, Jawa, Sunda, Melayu, Batak,
dan NTT) sebagai bahasa komunikasi pada saat proses belajar mengajar
berlangsung.
Fokus masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pemakaian
Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Dasar Negeri 14 Sabung Trans Kecamatan
Subah Kabupaten Sambas?” adapun submasalah Pada penelitian ini sebagai
berikut:1) Bagaimanakah bentuk variasi bahasa dilihat dari situasi dan kondisi
yang digunakan siswa di Sekolah Dasar Negeri 14 Sabung Trans Kecamatan
Subah Kabupaten Sambas? dan 2) Bagaimanakah bentuk interferensi bahasa ibu
terhadap penggunaan bahasa Indonesia siswa di Sekolah Dasar Negeri 14 Sabung
Trans Kecamatan Subah Kabupaten Sambas?.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:00
Last Modified: 10 Nov 2016 06:00
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item
View Item