Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYUKE HULU

EVILIANTI, IKIP (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYUKE HULU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version

Download (297kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (328kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (421kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (367kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (287kB)

Abstract

Skripsi ini Judul: “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas
dengan Metode Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas VIII A SMP
Negeri I Banyuke Hulu”. Masalah penelitian ini secara umum adalah
Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Metode
Contextual Teaching Learing (CTL) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1
Banyuke Hulu tahun ajaran 2015-2016?Sub-sub masalahnya adalah 1)
Bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan
metode Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VIIIA SMP
Negeri 1 Banyuke Hulu tahun ajaran 2015-2016 ? 2) Bagaimanakah hasil
pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan metode Contextual
Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuke Hulu
tahun ajaran 2015-2016 ?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis surat dinas dengan menerapkan metode
contextual Teaching Learning dalam proses pembelajarannya. Metode Contextual
Teaching Learning dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis
surat dinas karena metode ini dapat membimbing siswa serta didorong untuk
saling membantu, memotivasi, dan menguasai keterampilan yang diberikan oleh
guru. Metode CTL menempatkan siswa dalam kelompok belajar. Kelompok
belajar tersebut merupakan campuran siswa menurut tingkat prestasi dan jenis
kelamin. Proses pembelajaran dengan metode Contextual Teaching Learning
(CTL), guru menyajikan laporan, kemudian siswa belajar secara berkelompok dan
kemudian berusaha untuk memastikan jika seluruh anggota kelompok telah
menguasai keterampilan yang diharapkan. Metode dalam penelitian ini peneliti
menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan
siswa kelas VIII A SMP Negeri I Banyuke Hulu. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik observasi, wawancara, teknik pengukuran, dan teknik
studi dokumenter. Uji keabsahan data untuk mengetahui keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data
menggunakan pedoman observasi, tes, dokumen, dan pedoman wawancara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2016 05:53
Last Modified: 22 Oct 2016 05:53
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item