Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PONTIANAK

ENDANG, LESMANA (2016) KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) kemampuan
penalaran adaptif siswa sebelum diterapkan model problem based learning; (2)
kemampuan penalaran adaptif siswa setelah diterapkan model problem based
learning; (3) kemampuan penalaran adaptif melalui model problem based
learning.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk yang
digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group
Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari 4 kali pertemuan. Pertemuan
pertama pre-test, pertemuan kedua dan ketiga perlakuan dengan menggunakan
model problem based learning, dan pertemuan keempat digunakan untuk pos-test.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19
Pontianak tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak lima kelas yaitu VIIIA, VIIIB,
VIIIC, VIIID dan VIIIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen yaitu kelas VIII A yang
terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik
deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test (tes
awal) dan post-test (tes akhir). Instrumen tersebut dilakukan validasi dan uji coba
terlebih dahulu dan menggunakan 5 soal yang dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:10
Last Modified: 04 Oct 2016 01:10
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item
View Item