ERWAN, IKIP (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (GAMBAR DAN VIDEO) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUJAHIDIN PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Ringkasan Skripsi.pdf - Accepted Version
Download (366kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (337kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (539kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (642kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (308kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Multimedia (Gambar dan Video) Pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak”. Tujuan
umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “peningkatkan hasil belajar
siswa melalui penggunaan multimedia (gambar dan video) pada Mata Pelajaran
IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak”.
Tujuan khususnya yaitu mengetahui tentang 1) Penggunaan multimedia (gambar
dan video)pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Mujahidin Pontianak.2) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak melalui
penggunaan multimedia (gambar dan Video). 3) Mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak
melalui penerapan media multimedia (gambar dan video) pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitia tindakan
kelas (class room action research) sedangkan bentuk penelitiannya adalah
penelitian tindakan kolaboratif.
Berdasarkan hasil penelitian, adapun jawaban dari sub masalah yang ada
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:1) Penggunaan multimedia
pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran IPS Terpadu dikelas VII SMP
Mujahidin Pontianak dapat dilakukan dengan lancar dan baik serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
Terpadu dapat terlihat dari hasil tes pada siklus I jumlah siswa tuntas 14 orang
atau 48.27% dan siswa yang tidak tuntas 15 orang atau 51.72% dan pada siklus II
mengalami peingkatan siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau 75.86% dan
siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang atau 24.13%. Terdapat peningkatan
dengan penggunaan multimedia pada pelajaran IPS Terpadu dikelas VII SMP
Mujahidin Pontianak dari siklus I dengan nilai rata-rata 69.31 dan ketuntasan
klasikal 48.27% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,24 dan
ketuntas klasikal 75,86 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 00:48 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 00:48 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/306 |