Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT

ANDI, RANI RAHMATIAH (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (167kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning
Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat (Penelitian Eksperimen di
Kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak)”. Adapun masalah dalam penelitian ini
adalah(1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan
setelah diberikan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?;(2) Apakah terdapat
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan model
pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) pada materi segi empat?;(3) Bagaimana aktivitas siswa selama proses
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tipe Cooperative Learning
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?; (4)
Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran Cooperative Learning tipe
Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Adapun
rancangan yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak
yaitu dengan kemampuan siswa di sepuluh kelas bersifat homogen. Sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 16 Pontianak
yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah:(1) Kemampuan komunikasi
matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak sebelum diberikan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong kurang dan
sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi
empat tergolong baik.(2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa
sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi
empat.(3)Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong aktif. (4)
respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi
empat tergolong positif dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas MIPA dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:38
Last Modified: 07 Sep 2016 06:38
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item