APRIANSYAH, DEDEK (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKNIK DASAR OPERASIONAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA (Studi Kasus PTK Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat). Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (115kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB 3.pdf - Published Version
Download (312kB)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (91kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB)
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Teknik Dasar Operasional Perangkat Lunak Pengolah Angka di kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat”. Masalah umum dalam penelitian iniadalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teknik Dasar Operasional Perangkat Lunak Pengolah Angka di kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat. Adapun sub masalah dikategorikan sebagai berikut 1) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teknik Dasar Operasional Perangkat Lunak Pengolah Angka di kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada materi Teknik Dasar Operasional Perangkat Lunak Pengolah Angka di kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat?
Metode dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan observasi langsung. Adapun alat pengumpul data yaitu dengan lembar observasi dan tes soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase.
Berdasrkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Explicit Instruction pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI SMA negeri 1 Teluk Keramat dan dapat ditarik kesimpulan khusus sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model Explicit Instruction pada materi teknik dasar operasional Microsoft Excel kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat berjalan sesuai dengan yang diharapkan antara peneliti dan guru, 2) Model Explicit Instruction dapat meningkatan hasil belajar siswa pada materi teknik dasar operasional Microsoft Excel kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat, 3) Terjadi peningkatan proses pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction pada materi teknik dasar operasional Microsoft Excel kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Keramat. Pada akhir siklus I dari 37 siswa, yang tuntas adalah 24 siswa atau 67,57%. Saat akhir siklus II dari 37 siswa, yang tuntas adalah 29 siswa atau 78,38%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 08:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:16 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2393 |