Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTs HIDAYATUL MUHSININ PONTIANAK

SARI, NOFITA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTs HIDAYATUL MUHSININ PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (379kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (479kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook untuk melatih kemampuan terhadap berfikir kritis siswa yang layak, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Desing, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Subjek penelitian kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak. Teknik analisis data kelayakan dan kepraktisan berdasarkan lembar validasi dan lembar angket, sedangkan keefektifan berdasarkan nilai nilai N-gain pre-test dan
post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelayakan memperoleh presentase sebesar 81,87% dengan kriteria layak 2) kepraktisan memperoleh presentase sebesar 89% dengan kriteria praktis 3) keefektifan memperoleh nilai N-gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Kesimpulan: flipbook terhadap ketrampilan berpikir kritis yaitu sudah tergolong layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran terhadap ketrampilan berfikir kritis siswa.

Kata Kunci: Flipbook, Klasifikasi Mahluk Hidup, Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item
View Item