Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA BUDI OETOMO PONTIANAK

Purnawati, Rini (2024) ANALISIS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA BUDI OETOMO PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN.pdf] Text
RINGKASAN.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “ Analisis Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak”. Fokus penelitian ini adalah “ Analisis Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak”. Berdasarkan
fokus tersebut maka dirumuskan sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak? (2) Bagaimana Pelaksanaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA Budi Oetomo
Pontianak? (3) Apa Saja Kendala Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Pada Siswa dan Guru di SMA Budi Oetomo Pontianak?.
Berdasarkan fokus penelitian diatas maka dirumuskan tujuan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak. (2) Pelaksanaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran
Sejarah di Kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak. (3) Kendala Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Siswa dan Guru di SMA Budi Oetomo Pontianak.
Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam penelitian studi kasus. Supaya data yang terkumpul valid maka peneliti menggunakan sumber data berupa informan, dengan lima siswa kelas XI, guru Sejarah dan Wakil Kurikulum Sekolah, tempat atau lokasi peneliti serta arsip atau dokumen. Ada pun teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dokumentasi. Dari pengolah data dan analisis data dapat dilihat dari gambaran umum lokasi penelitian, persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian
deksripsi data dan analisis data dan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif, model ini berawal dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulakan bahwa Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksana dengan baik. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Perencanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sudah berjalan dan sesuai dengan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran Sejarah di kelas, terlebih dahulu menyusun perangkat
pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan kurikulum 2013. Penyusunan perangkat pembelajaran untuk menjadi langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Pelaksanaan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, guru memulai pembelajaran dengan berdoa, mengecek
kehadiran siswa serta memberi motivasi, menggunakan lks sebagai sumber belajar melakukan diskusi kelompok serta ada juga guru yang memberi perhatian khusus, mengajarkan siswa tersebut untuk aktif saat proses pembelajaran, menciptakan
suasana kelas yang menyenangkan. (3) Kendala Penggunaan lembar kerja (LKS) pada siswa dan guru di SMA Budi Oetomo Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik juga. Kendala guru pada saat mengajar mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan yang mereka tidak paham agar menjadi paham

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item
View Item