Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ABSTRAKSI DAN PEMROGRAMAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG

Yuvensius, Yuvensius (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ABSTRAKSI DAN PEMROGRAMAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi abstraksi dan pemrograman di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang?. (2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi abstraksi dan pemrograman di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang?. (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi abstraksi dan pemrograman di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang?. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design yaitu rancangan yang digunakan dengan cara memberikan tes sebelum memberi perlakuan (pretest), dan memberi perlakuan pada jangka waktu tertentu dan mengukur dengan tes sesudah diberikan perlakuan (posttest). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian gunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meggunakan teknik pengukuran dan alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (SAD). Hasil analisis data dan penarikan kesimpulan diperoleh data sebagai berikut : (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi abstraksi dan pemrograman sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang sebesar 53,21, dengan kriteria tergolong kurang; (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi abstraksi dan pemrograman sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang sebesar 77,99, dengan kriteria tergolong baik; (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi abstraksi dan pemrograman di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang.

Kata kuni: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 04 Mar 2024 09:08
Last Modified: 04 Mar 2024 09:08
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item
View Item