NUR HAFIDZAH, MUTHMAINNAH (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA STILL PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS (SEJARAH) DI KELAS IX MTS. AL. MUJTAHID PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.PDF - Accepted Version
Download (463kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (493kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (409kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (631kB)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Download (232kB)
Abstract
iii
Judul skripsi ini “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui
media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di kelas IX MTs. Al-
Mujtahid Pontianak”. Masalah umum yang dibahas di dalam skripsi ini ialah
“Bagaimana Upaya Menigkatkan Hasil Belajar siswa melalui media still picture
di kelas IX Mts. Al- Mujtahid Pontianak”. Dengan sub-sub masalahnya adalah; 1)
bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui media still picture pada mata
pelajaran IPS (sejarah) di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak; 2) bagaimana
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (sejarah) melalui media still picture di
Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak; 3) apakah terdapat peningkatan hasil
belajar siswa melalui media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di
Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak.
Dalam penelitian ini yang menjadi variabel penelitian adalah upaya
meningkatkan hasil belajar siswa melalui media still picture pada mata pelajaran
IPS (sejarah) di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IXB MTs.
Al- Mujtahid Pontianak. pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul
data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Indikator
kinerja menggunakan hitungan rumus persentase.
Berdasarkan hasil lembar observasi, tes dan dokumentasi dapat ditarik
kesimpulan secara umum bahwa “ dengan menggunakan media still picture dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas IX di MTs.
Al- Mujtahid Pontianak.Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: 1)
Pelaksanaan pembelajaran melalui media still picture dapat dilihat siswa lebih
fokus memperhatikan penjelasan dari guru dan siswa lebih besemangat dalam
mengikuti proses pembelajaran secara aktif sehingga meningkatkan hasil belajar
pada pembelajaran IPS (Sejarah) siswa kelas IX MTs Al- Mujtahid Pontianak. 2)
Hasil belajar pembelajaran IPS Sejarah siswa Kelas IX MTs. Al- Mujtahid
Pontianak Melalui media still Picture pada pra siiklus nilai rata-rata siswa 65,35,
siklus nilai rata- rata 73,39, siklus 2 nilai rata- rata 79,64. 3)Terdapat peningkatan
hasil belajar melalui media still picture pembelajaran IPS Sejarah siswa kelas IX
MTs.Al- Mujtahid Pontianak yaitu pra siklus dengan presentase 53,57%,siklus I
dengan presentase sebesar 71,42% dan siklus II dengan presentase sebesar
85,71%.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, dapat penulis kemukakan
saran-saran sebagai berikut : 1) Pelaksanaan pembelajaran melalui media still
picture menuntut siswa lebih aktif dalam memahami dan menguasai materi
pelajaran, untuk itu guru diiharapkan dapat membimbing siswa dalam
mengemukakan pertanyaan baik secara tertulis maupun secara lisan untuk
mengasah kemampuan analisis siswa terhadap suatu masalah sekaligus mencari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 03:33 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 03:33 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/233 |