Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG

NIRIANA, NIRIANA (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI NIRIANA.pdf] Text
ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI NIRIANA.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of BAB I NIRIANA.pdf] Text
BAB I NIRIANA.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of BAB II NIRIANA.pdf] Text
BAB II NIRIANA.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of BAB III NIRIANA.pdf] Text
BAB III NIRIANA.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of BAB IV NIRIANA.pdf] Text
BAB IV NIRIANA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB V NIRIANA.pdf] Text
BAB V NIRIANA.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA NIRIANA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA NIRIANA.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ngabang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus. Pada setiap siklus, dilakukan penyebaran skala psikologi untuk mengukur perubahan keterampilan komunikasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, keterampilan komunikasi antar pribadi siswa tergolong rendah dengan rata-rata persentase 65%. Setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi 75%. Siklus II memberikan hasil yang lebih baik dengan rata-rata persentase 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi siswa. Implikasi penelitian ini mencakup saran bagi siswa untuk terus mengembangkan keterampilan komunikasi antar pribadi, rekomendasi bagi guru BK untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan layanan lainya dalam upaya meningkatkan
keterampilan komunikasi antar pribadi dan berbagai teknik lainya.

Kata Kunci: Antar Pribadi, Keterampilan, Komunikasi dan Role Playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:18
Last Modified: 01 Mar 2024 08:18
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item
View Item