Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TERIAK

MASUMBA, RINI MARLINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TERIAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI RINI.pdf] Text
SKRIPSI RINI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran Matematika, guna meningkatkan pemahaman matematis siswa yang valid, praktis, efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimana prosedur penelitian menggunakan rancangan 4D yaitu (Define, Design, Development, Dan Disseminate) tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahapan Development karena terbatasnya waktu, biaya, dan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teriak yang berjumlah 26 orang. Instrument yang digunakan peneliti adalah lembar validasi guna untuk melihat kevalidan media video pembalajaran animasi, angket respon digunakan untuk melihat kepraktisan media video pembelajaran animasi dan tes uji coba digunakan untuk melihat kepraktisan media video pembelajaran animasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan validasi dari ketiga validator terhadap pembelajaran media video animasi dapat dinyatakan valid dengan presentase indeks rata- rata 84,16% dengan kriteria valid. Validasi ahli materi dinyatakan valid dengan indeks rata- rata 86,38% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan validasi ahli media dinyatakan valid dengan indeks presentase rata- rata 85,27% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dengan rata- rata presentase dari respon guru sebesar 95% dengan kriteria sangat praktisdan rata- rata presentase respon siswa 86,178% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil pengisian angket respon guru dan siswa tersebut maka media pembelajaran video animasi dapat dinyatakan sangat praktis bagi para siswa. Tingkat keefektifan siswa setelah menggunakan media pembelajaran
video animasi sebesar 80,76% dengan kriteria efektif.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Direct Instruction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:02
Last Modified: 27 Feb 2024 08:02
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item
View Item