Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM KOMPUTER DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK

HENI, MARIA DOMINIKA (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM KOMPUTER DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (407kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Game Edukasi Berbais Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Di MTs Negeri 2 pontianak” Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media
Pembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Di MTs Negeri 2 Pontianak?. (2) Bagaimana Kelayakan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Peembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Yang Telah Dikembangkan Di MTs Negeri 2 Pontianak?. (3) Bagaimana Respon Siswa Terhadap Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelejaran Pada Materi Sistem Komputer Yang Telah Di Kembaangkan Di MTs Negeri 2 Pontianak?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Proses pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Di
MTs Negeri 2 Pontianak. (2) Untuk Mengetahui Kelayakan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Di MTs Negeri 2 Pontianak. (3) Untuk Mengetahui Respon Siswa Terhadap Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem
Komputer Yang Telah Dikembangkan Di MTs Negeri 2 Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evalution). Uji coba produk dilakukan pada tiga puluh orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini ada tiga yaitu: (1) Komunikasi Langsung, (2) Komunikasi Tidak Langsung, (3) Dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk menganalisis pada tahap analisis kebutuhan, desain dan pengembangan produk. Untuk menjawab
rumusan masalah kedua dan ketiga menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil dan pembahasan pada penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi yang dilakukan disetiap tahapan. Pada tahap analisis terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) Analisis Kebutuhan Pengguna, (2) Analisis Kebutuhan Konten dan (3) Analisis Kebutuhan Hardware dan Software. Tahap analisis akan melewati tahap evaluasi dan validasi oleh guru mata pelajaran Informatika kelas VII. Pada tahap desain dilakukan perancangan Flowchart dan Storyboard yang selanjutnya di evaluasi dan divalidasi oleh dua orang ahli desain. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan aplikasi menggunakan software Construct 2 dan MIT App Inventor yang kemudian melalui tahap evaluasi dan validasi oleh dua orang ahli media dan ahli desain sebelum lanjut ke tahap implementasi. Pada tahap implementasi aplikasi game edukasi akan diuji cobakan
kepada 30 orang siswa kelas VII IPA, setelah diujicobakan selama satu jam pembelajaran siswa akan mengisi angket respon sebagai bentuk evaluasi pada tahap implementasi.
Kesimpulan pada penelitian Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Komputer Di MTs Negeri 2 Pontianak melalui tahapan ADDIE. Melalui tahap analisis diketahui bahwa siswa kelas VII memiliki ketertarikan belajar menggunakan game edukasi
berbasis Android. Tahap desain diketahui bahwa terdapat empat menu pada game edukasi. Tahap pengembangan diketahui bahwa game edukasi dikembangkan menggunakan Construct 2 dan MIT App Inventor. Tahap terakhir yaitu implementasi, game edukasi diterapkan pada 30 orang siswa kelas VII MTs
Negeri 2 Pontianak. Game edukasi berbasis Android pada materi sistem komputer Untuk Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak tergolong sangat layak menurut ahli media dan ahli materi. Ahli media memberikan nilai sebesar 82% atau masuk
kategori Sangat Layak. Ahli materi memberikan nilai sebesar 93% atau masuk kategori Sangat Layak. Respon siswa terhadap game edukasi berbasis Android pada materi sistem komputer Untuk Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak diketahui berada dalam kategori Sangat Baik. Rata-rata siswa memberikan nilai 89% atau masuk kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:00
Last Modified: 27 Feb 2024 08:00
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item