DOMINA, LIDI WINA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA SMP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
SKRIPSI_LIDI WINA DOMINA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (34MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak dengan mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini menerapkan Research and Development dengan melibatkan 3 ahli validator materi dan 3 validator ahli media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Pontianak yang berjumlah 24 siswa. Data yang dikumpulkan lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, wawancara dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul penilaian kevalidan
berada pada kriteria 84,1% (Cukup Valid), penilaian kepraktisan berada pada kriteria 89,1% (Sangat Praktis) dan penelian keefektifan berada pada 70,8% kriteria (Efektif). Sehingga dapat dinyatakan bahwa e-modul layak diguanakan sebagai media pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak mengenai mata pelajaran sistem pola bilangan.
Kata kunci: Pengembangan e-modul, pembelajaran inquiry, kemampuan berpikir kritis dan pola bilangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:17 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:17 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2209 |