Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SAIN SMAS SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

PRATAMA, BILLYADI (2024) UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SAIN SMAS SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (578kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (481kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (430kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bolavoli melalui metode problem based learning pada siswa kelas XI SAIN SMA Swasta Santo Benediktus Pahauman tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SAIN SMA Swasta Santo Benediktus Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak tahun pelajaran 2022/2023, sebanyak 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil belajar passing bawah meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa pembelajaran passing bawah dengan menggunakan metode problem based learning dari siklus 1 sampai siklus 2. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 aktivitas pembelajaran mencapai 54%, dan pada siklus 2 sudah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 78%. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing
bawah siswa rata-rata adalah 78,68, dan yang mendapat nilai 75 (berdasarkan KKM) sebanyak 20 siswa (64,52%), kemudian pada siklus 2 meningkat lagi dengan nilai rata-rata adalah 81,5038 dan yang mendapat nilai mencapai KKM sebanyak 25 siswa (80,64%). Pada akhir siklus 2 hasil belajar siswa mencapai target yang diharapkan yaitu 80,64% siswa dapat mencapai nilai KKM.

Kata kunci: Passing Bawah, problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:01
Last Modified: 15 Feb 2024 04:01
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item
View Item