DAHLIA, IKIP (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMANGKAT. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (447kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (308kB)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (690kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (463kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
iii
Judul dalam penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 1
Pemangkat. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Apakah terdapat perbedaan
hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dan
model pembelajaran konvensional pada materi lingkungan hidup di kelas XI SMA
Negeri 1 Pemangkat?,(2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa
dengan motivasi tinggi, sedang dan rendah pada materi lingkungan hidup di kelas
XI SMA Negeri 1 Pemangkat?, (3)Apakah terdapat interaksi antara masing-masing kategori model pembelajaran dengan masing-masing kategori motivasi
belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup di kelas XI
SMA Negeri 1 Pemangkat?. Tujuan penelitian ini yaitu (1)Untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
STAD dan model pembelajaran konvensional pada materi lingkungan hidup di
kelas XI SMA Negeri 1 Pemangkat.(2)Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
antara siswa dengan motivasi tinggi, sedang dan rendah pada materi lingkungan
hidup di kelas XI SMA Negeri 1 Pemangkat(3)Untuk mengetahui interaksi
antara masing-masing kategori model pembelajaran dengan masing-masing
kategori motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan
hidup di kelas XI SMA Negeri 1 Pemangkat.Variabel dalam penelitian ini yaitu
variabel bebas,variabel terikat, variabel moderator, dan variabel kontrol.Metode
yang digunakan adalah eksperimental design dengan bentuk quasi eksperimental
design.Populasi terdiri dari 4 kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan
XI IPS 4,sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas
eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data berupa
teknik pengukuran,teknik komunikasi tidak langsung dan dokumenter.Teknik
analisis data yang digunakan menggunakan rumus analisis varian (anava).
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian diperoleh hasil yaitu :
(1)sehingga diterima.,(2),(3)dan dapat disimpulkan:(1)
Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dengan model pembelajaran konvensional,(2)Terdapat perbedaan hasil
belajar antara motivasi tinggi,sedang dan rendah,(3) Tidak terdapat interaksi
antara masing-masing kategori model dan masing-masing kategori motivasi
terhadap hasil belajar.Dari kesimpulan penelitian, diharapkan penelitian
selanjutnya perlu memperhatikan alokasi waktu pada setiap tahap pembelajaran,
memberikan motivasi kepada siswa, dan peneliti haruslah benar-benar paham
dengan model atau metode pembelajaran yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 04:43 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 04:43 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/218 |