FITRI, FITRI (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Ringkasan Skripsi.pdf - Published Version
Download (356kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (627kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (485kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (490kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Putussibau” Adapun yang menjadi tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Bagaimanakah analisis
implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau. Tujuan Khusus dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan model pembelajaran
berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau; 2) Pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau; 3) Faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriftif, subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru pendidikan kewarganegaraan dan siswa kelas X SMA Negeri 1
Putussibau, dengan prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan penelitian dan pasca penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi, Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data (data display), menarik kesimpulan dan verifikasi. Secara umum hasil penelitian ini yaitu perencanaan model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau dengan melakukan pemetaan terhadap profil peserta didik, menentukan minat peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau adalah pembuatan diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Sedangkan Faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 1 Putussibau yaitu terdapat tiga faktor yaitu kurangnya sumber daya manusia, kurangnya ketersediaan sarana dan prasaran dan lingkungan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:19 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:19 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2163 |