Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GLASSER PADA SISWA KELAS VIII B SMP HARAPAN ANANDA KUBU RAYA

ISDAYANTI, ISDAYANTI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GLASSER PADA SISWA KELAS VIII B SMP HARAPAN ANANDA KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK-1.pdf] Text
ABSTRAK-1.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I-1.pdf] Text
BAB I-1.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of BAB II-1.pdf] Text
BAB II-1.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III-1.pdf] Text
BAB III-1.pdf - Published Version

Download (349kB)
[thumbnail of BAB IV-1.pdf] Text
BAB IV-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[thumbnail of BAB V-1.pdf] Text
BAB V-1.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-1.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran glasser pada siswa kelas VIII B SMP Harapan Ananda Kubu Raya. Terdapat variabel tindakan dan variabel hasil. Model yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk PTK. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Harapan Ananda Kubu Raya berjumlah 44 siswa. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran dan studi dokumenter. Menggunakan teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif. Hasil analisis data proses pembelajaran berjalan dengan baik berdasarkan hasil observasi guru meningkat dari nilai rata-rata pra siklus 59.37 meningkat di siklus I 68.75, dan meningkat di siklus II 85.93. Hasil observasi siswa meningkat dari nilai rata-rata pra siklus 56,65, meningkat di siklus I 63.06, dan meningkat di siklus II 80.38. Model pembelajaran glasser dapat meningkatkan keterampilan menulis poster. Keterampilan menulis poster meningkat dari nilai rata-rata pra siklus 67,50, siklus I 74,00, dan meningkat di siklus II 82,27. Peningkatan nilai sudah memenuhi KKM 75. Pembelajaran menulis poster menggunakan model pembelajaran glasser pada siswa kelas VIII B SMP Harapan Ananda Kubu Raya dapat dikatakan meningkat.

Kata kunci: Peningkatkan, keterampilan menulis, model glasser

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:19
Last Modified: 22 Dec 2023 07:19
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item
View Item