RIMA, MELATI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (525kB)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (401kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (654kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (753kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII SMP
Negeri 2 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2015/2016”. Rumusan masalah yang
terdapat pada penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penerapan model pembelajaran
Make A Match dalam mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai
Kakap. 2)Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Make A Match dalam mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri
2 Sungai Kakap. 3)Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Make A Match di Kelas VII SMP Negeri 2
Sungai Kakap. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah
yaitu 70. Hal ini disebabkan kurang bervariasinya metode pembelajaran sehingga
cenderung meminimalkan keterlibatan peserta didik sehingga berpengaruh
terhadap hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian
Tindakan kolaboratif yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan Bentuk pada
penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah
siswa Kelas VII B yang berjumlah 20 orang. Variabel tindakan dalam penelitian
ini adalah Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match dan variabel masalah
adalah hasil belajar. Teknik pengumpul data berupa teknik observasi langsung,
teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter
dengan alat pengumpul data, berupa panduan observasi, panduan wawancara, tes
hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan
nilai rata-rata (mean) dan ketuntasan belajar (persentase). Berdasarkan Hasil
penelitian dan pengolahan data maka dapat di tarik kesimpulan secara umum
bahwa menggunakan pembelajaran kooperatif Model Make A Match dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2
Sungai Kakap Tahun Ajaran 2015/2016, Hasil penelitian menunjukkan: 1)
kemampuan guru dalam menerapan pembelajaran Kooperatif Model Make A
Match pada mata pelajaran IPS di kelas VII B dari siklus I sebesar 2,85
mengalami peningkatan 0,45 pada siklus II menjadi 3,30 dengan kriteria baik. 2)
Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 70,25
mengalami peningkatan 15,5 pada tahap siklus II menjadi 85,75 dengan katagori
sangat baik. Nilai ini dianggap sangat memuaskan, karena mampu mencapai
bahkan melampaui nilai KKM yang di tetapkan, yaitu 70 dan ketuntasan klasikal
85%. 3)Terdapat Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII B setelah
diterapkannya pembelajaran Kooperatif Model Make A Match pada mata pelajaran
IPS di SMP Negeri 2 Sungai Kakap. Hal ini menunjukkan dengan menerapkan
Model Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match dalam pembelajaran IPS
dapat meningkatkan kinerja dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat
penulis berikan yaitu guru sebagai pendidik sebaiknya lebih kreatif dalam
memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat merespon dan
meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada
peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:54 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:54 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/197 |