Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN AYAT AL-QURAN TERHADAP RESPON SISWA KELAS XB MAS AL-JIHAD PONTIANAK

ALIYEH, SITI (2023) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN AYAT AL-QURAN TERHADAP RESPON SISWA KELAS XB MAS AL-JIHAD PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak siti.pdf] Text
abstrak siti.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (306kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (448kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (336kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

Pengmbangan modul fisika bermuatan ayat Al-Quran ini sebagai media pembelajaran fisika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul fisika bermuatan ayat al-quran menurut ahli materi, kelayakan modul fisika bermuatan ayat al-quran menurut ahli media, dan mengetahui respon siswa
terhadap modul fisika bermuatan ayat al-quran. Jenis penelitian ini adalah penelitian research & development (R&D) berupa modul fisika bermuatan ayat al�quran.Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
pendekatan ADDIE. Model pengembangan ADDIE disusun secara terprogram dengan urut-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pembelajar. Terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation.Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa 1) kelayakan pengembangan modul fisika bermuatan ayat al�quran sebagai media pembelajaran berkategori layak menurut ahli media dengan
rata-rata persentase sebesar 81,24% sangat layak; 2) kelayakan pengembangan modul fisika bermuatan ayat al-quran sebagai media pembelajaran berkategori layak menurut ahli materi berkategori layak dengan rata-rata persentase 76,67%
sangat layak; 3) respon siswa terhadap modul fisika bermuatan ayat Al-Quran untuk keseluruhan aspek sebesar 86,93% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modul fisika bermuatan ayat al-quran mendapat kategori layak dari ahli media dan ahli materi sedangkan respon siswa mendapatkan kriteria sangat setuju yang dimana siswa memberikan respon yang positif setelah dilakukan ujicoba produk.

Kata Kunci: Ayat Al-Quran, Modul Fisika Pengembangan, Respon Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:40
Last Modified: 22 Sep 2023 08:40
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item
View Item