Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU

SANTOSO, IFAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (631kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (737kB)
[thumbnail of BAB  IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran model Cooperative Learning tipe Teams Assisted Individualization untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayan Hulu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Menurut Arikunto Suharsimi (2011:2) penelitian tindakan merupakan Penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pembelajaran Cooperative adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization adalah model pembelajaran ini menitikberatkan pada perbedaan pengetahuan awal setiap siswa untuk mencapai hasil belajar, Guru menyajikan materi dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing-masing.Permainan sepak bola salah satu teknik dasar yang paling dominan digunakan adalah passing. Passing dalam permainan sepakbola adalah seni memindahkan momentum bola dari satu permain ke pemain lainnya. Sepak bola mempunyai sejarah yang cukup tua sekali walaupun bentuk dan peraturan permainan yang terdahulu tidak sama yang sekarang ini Kesimpulan Berdasarkan pengamatan pra observasi yang telah dilakukan dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan khususnya cabang olahraga sepak bola, ini disebabkan karena proses pembelajarannya terlalu monoton. Sehingga masih jauh dari ketuntasan, terlihat dari jumlah siswa kelas XI IPA terdapat 34 siswa, 38,24% terdiri 13 siswa yang mencapai KKM dan 61,76% terdiri dari 34 siswa yang belum mencapai KKM, dinyatakan tuntas bila mencapai
persentase 75%. Proses pembelajaran passing bola di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu juga memiliki permasalahan yang sama. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada materi mengoper bola yang belum optimal. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, proses pembelajaran mengoper bola di sekolah tersebut terkendala dengan minimnya fasilitas olahraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:42
Last Modified: 31 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item
View Item